MENINGKATNYA UKURAN KAPAL KONTAINER
Peningkatan ukuran kapal kontainer juga terus terjadi dari tahun ke tahun, sehingga diperlukan adaptasi terhadap infrastruktur pelabuhan. Ukuran kapal rata-rata telah meningkat ~130% secara global sejak tahun 2000 hingga 2015 dan diprediksi akan terus meningkat untuk memanfaatkan skala ekonomi. Hal ini akan mendorong pembangunan infrastruktur di sekitar pelabuhan sehingga akan memungkinkan pembuatan hub internasional maritim. Implikasi tren ini terhadap bisnis pelabuhan adalah dibutuhkannya pembangunan infrastruktur pelabuhan di sekitar perdagangan besar, dimungkinkannya pembangunan hub & spoke internasional dan domestik maritim, proses operasional yang semakin kompleks, dan peningkatan risiko bagi operator dan pemilik pelabuhan.
MENINGKATNYA KONTAINERISASI BERBAGAI KOMODITAS
Meningkatnya tingkat kontainerisasi komoditas didorong oleh perbaikan infrastruktur dan operasional pelabuhan. Saat ini, tingkat kontainerisasi komoditas di Indonesia hanya mencapai 14% dengan komoditas utama berupa produk manufaktur, sayuran, makanan siap saji, dan protein (hewan). Dengan pengembangan pelabuhan yang terus dilakukan, tingkat kontainerisasi diprediksi akan terus meningkat, seperti yang diilustrasikan pada gambar 3.5. Pertumbuhan kontainerisasi diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang tetap apabila pertumbuhan GDP berada pada prediksi baseline 5,2%. Namun, bila prediksi pertumbuhan GDP agresif 8,5%, maka akan terjadi peningkatan terhadap pertumbuhan kontainerisasi sebanyak 4%.