TINJAUAN OPERASIONAL

dan kualitas layanan (ketepatan dan keselamatan kerja). Untuk memberikan peningkatan kualitas layanan dari sisi peralatan, Regional 1 telah menyusun rencana investasi untuk beberapa Cabang Pelabuhan antara lain yaitu penambahan kapal tunda di Cabang Belawan dan Dumai. Selain dari sisi kegiatan operasional, Regional 1 juga telah menyediakan wadah untuk menampung keluhankeluhan pelanggan dan juga untuk menjawab pertanyaanpertanyaan pelanggan secara general yaitu customer care (komunikasi melalui telepon kantor dan seluler);

  1. Aspek Tarif
  2. Regional 1 telah mengeluarkan kebijakan pemberian keringanan (diskon/reduksi) tarif dan atau insentif (cashback) khususnya pada segmen pelayanan jasa kapal. Selama masa pandemi tahun 2021, Regional 1 memberikan relaksasi kepada customer yaitu free storage. Selain itu, Regional 1 juga telah memberikan keringanan (diskon) kepada salah satu TOP Customer di Cabang TPKB (atas permintaan pelanggan tersebut) dengan melalui evaluasi terlebih dahulu;

  3. Aspek Hubungan Pelanggan dan Stakeholder
  4. Salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran adalah menjaga hubungan baik dan harmonis dengan para stakeholder. Regional 1 telah melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan dan stakeholder. Adapun kegiatan yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

    1. Kegiatan Retensi Customer dan Consultative Session Kegiatan retensi customer dan consultative session ini sebagai media untuk mendengarkan feedback dan meningkatkan engagement dengan pengguna jasa terhadap kinerja pelayanan Regional 1;
    2. Kegiatan Customer Appreciation Kegiatan apresiasi pengguna jasa kepada top 15 kontributor pendapatan di lingkungan Regional 1 yaitu sebagai penghargaan atas kontribusi pendapatan terbesar pengguna jasa dan sebagai media untuk mendengarkan feedback dari pengguna jasa terhadap kinerja pelayanan tahun sebelumnya dan juga harapan terhadap kinerja pelayanan tahun berikutnya;
    3. Kegiatan Customer Reward Merupakan media apresiasi dan meningkatkan engagement kepada pelanggan khususnya pelanggan utama (top contributor). Kegiatan ini dilakukan di Yogyakarta selama 4 (empat) hari; dan 
    4. Kegiatan Customer Hearing Dilakukan pada akhir tahun 2021 dengan tema “Moving Toward Synergy and Collaboration In Port Performance Improvement”.

REGIONAL 2

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Regional 2 fokus terhadap pengelolaan dan peningkatan layanan kepada pelanggan. Dengan metode tersebut akan terjalin hubungan yang baik antara Regional 2 dengan pelanggan. Beberapa aspek yang mendukung strategi pemasaran antara lain:

  1. Aspek Hubungan Pelanggan dan Stakeholder
  2. Kegiatan pemasaran tidak lepas dengan hubungan pelanggan. Dengan adanya hubungan yang baik dengan pelanggan maka