STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA

image

Pengelolaan Sumber Daya Manusia menjadi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan strategi bisnis Perseroan. Strategi pengelolaan Sumber Daya Manusia yang sejalan dengan strategi Perseroan akan mendorong pada pencapaian tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi, percepatan proses bisnis Perseroan, peningkatan kualitas pelayanan pelanggan, serta pada akhirnya akan memberikan nilai tambah yang maksimum pada semua pemagku kepentingan Perseroan.

Strategi pengelolaan SDM difokuskan untuk mempersiapkan SDM menghadapi perubahan lingkungan bisnis Perseroan, terkait dengan telah dilaksanakannya Merger PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero) menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero), dilakukan penyesuaian terhadap strategi pengelolaan SDM. Sebagai implementasi dari strategi pengelolaan SDM tersebut pada tahun 2021 telah dilaksanakan program kerja sebagai berikut:

  1. Restrukturisasi organisasi dan tata kelola di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) membagi fungsi pengelolaan bisnis perusahaan dalam empat cluster bisnis utama yaitu: Container Services, Non Container Services, Marine & Terminal Services, dan Logistic & Hinterland Development. Masingmasing cluster tersebut dibentuk dalam struktur organisasi Subholding dan berperan sebagai Business Owner yang fokus pada pengembangan segmen bisnisnya masing-masing, adapun Holding sebagai Strategic Architect and Concession