dan kualitas layanan (ketepatan dan keselamatan kerja). Untuk memberikan peningkatan kualitas layanan dari sisi peralatan, Regional 1 telah menyusun rencana investasi untuk beberapa Cabang Pelabuhan antara lain yaitu penambahan kapal tunda di Cabang Belawan dan Dumai. Selain dari sisi kegiatan operasional, Regional 1 juga telah menyediakan wadah untuk menampung keluhankeluhan pelanggan dan juga untuk menjawab pertanyaanpertanyaan pelanggan secara general yaitu customer care (komunikasi melalui telepon kantor dan seluler);
Regional 1 telah mengeluarkan kebijakan pemberian keringanan (diskon/reduksi) tarif dan atau insentif (cashback) khususnya pada segmen pelayanan jasa kapal. Selama masa pandemi tahun 2021, Regional 1 memberikan relaksasi kepada customer yaitu free storage. Selain itu, Regional 1 juga telah memberikan keringanan (diskon) kepada salah satu TOP Customer di Cabang TPKB (atas permintaan pelanggan tersebut) dengan melalui evaluasi terlebih dahulu;
Salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran adalah menjaga hubungan baik dan harmonis dengan para stakeholder. Regional 1 telah melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan dan stakeholder. Adapun kegiatan yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:
REGIONAL 2
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Regional 2 fokus terhadap pengelolaan dan peningkatan layanan kepada pelanggan. Dengan metode tersebut akan terjalin hubungan yang baik antara Regional 2 dengan pelanggan. Beberapa aspek yang mendukung strategi pemasaran antara lain:
Kegiatan pemasaran tidak lepas dengan hubungan pelanggan. Dengan adanya hubungan yang baik dengan pelanggan maka