STRUKTUR DAN MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN

image

TRANSPARANSI PENYAMPAIAN LAPORAN

Perseroan berkomitmen untuk mematuhi kewajiban penyampaian laporan yang bersifat insidental maupun sektoral yang dimintakan oleh Regulator, Pemegang Saham, maupun pihak lain yang memiliki hak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun laporan yang telah disampaikan selama tahun 2021 antara lain:

  1. Laporan Kinerja TJSL Triwulan I;
  2. Laporan Kinerja TJSL Triwulan II;
  3. Laporan Kinerja TJSL Triwulan III;
  4. Laporan Kinerja TJSL Triwulan IV;
  5. Laporan Kinerja TJSL Audited;
  6. Pelaporan Pemberitaan Agenda Setting; dan
  7. Laporan Progress Pelindo Paska Penggabungan.

KODE ETIK

Kode Etik Bisnis merupakan panduan berisi prinsip-prinsip yang mengatur perilaku dalam menerapkan nilai-nilai perusahaan. Kode Etik ini diharapkan menjadi aspirasi bagi Insan Pelindo untuk mencapai visi dan misi Pelindo. Kode Etik Bisnis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dibangun atas fondasi yang kuat dari visi, misi, tata nilai serta prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik dalam menjalankan kegiatan usaha PT Pelindo (Persero). Kode Etik Bisnis ini berlaku bagi seluruh Insan Pelindo yaitu Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh Karyawan. Kode Etik Bisnis ini akan membantu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam mengatasi isu-isu seputar etika atau dilema yang berpotensi dihadapi dalam bekerja.

Pedoman Kode Etik Perseroan telah dilakukan pemutakhiran dengan melihat berbagi Pedoman yang ada di PT Pelabuhan Indonesia I,II,III dan IV (Persero) nantinya pedoman kode etik bisnis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) akan disahkan oleh Direktur Utama dan Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Maksud penerapan Pedoman Kode Etik Bisnis bagi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) adalah sebagai berikut:
    1. Setiap Insan Pelindo memahami bahwa segala aktivitas Perusahaan berlandaskan pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik yang meliputi Keterbukaan, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Ketidakberpihakan, Kewajaran dan Terpercaya;
    2. Mendorong seluruh Insan Pelindo untuk berperilaku baik dalam melaksanakan segala aktivitas Perusahaan;
    3. Menciptakan suasana kerja yang sehat dan nyaman dalam lingkungan Perusahaan;
    4. Membangun reputasi Perusahaan lebih baik; dan
    5. Meminimalisir peluang terjadinya penyimpangan.