segala hal kebutuhan pelanggan yang dapat menjadi potensi penambahan pendapatan perusahaan dapat di-capture dan difasilitasi sesuai kemampuan perusahaan. Selain itu untuk menjaga retensi pelanggan dan menarik minat pelanggan baru terhadap layanan yang diberikan oleh Regional 2, telah dilakukan beberapa kegiatan pemasaran berupa customer visit kepada pelanggan eksisting maupun calon pelanggan potensial serta kegiatan lain untuk meningkatkan engagement ke pelanggan seperti customer gathering, customer awarding dan customer survey. Dengan penggabungan PT Pelindo dan terbentuknya subholding yang menangani langsung kegiatan operasional pelabuhan, maka Regional 2 berperan sebagai stakeholder management untuk mendukung kelancaran bisnis dan operasional di cabang pelabuhan maupun subholding di lingkungan Regional 2;
Dalam memasarkan produk dan layanan yang diberikan, Regional 2 telah melakukan sosialisasi ataupun publikasi di media sosial ataupun dalam forum pertemuan resmi di tingkat cabang ataupun regional. Selain itu, dalam memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan yang dibutuhkan, Regional 2 telah mengimplementasikan beberapa portal pengajuan layanan antara lain sistem E-Service, VMS, NPK-TOS, i-Hub dan sistem operasi lain yang didukung juga dengan tersedianya channel E-Care untuk penanganan keluhan pelanggan. Sebagai media marketing tools, informasi mengenai jenis layanan dan fasilitas di lingkungan Regional 2 juga telah disusun dalam bentuk product catalogue;
Terkait aspek tarif yang berlaku di lingkungan Regional 2 juga dapat dilihat oleh pelanggan melalui website perusahaan dan portal pengajuan layanan untuk menjamin transparansi tarif pelabuhan. Dalam menjaga persaingan dengan kompetitor, Regional 2 juga menerapkan beberapa kebijakan yang dapat diberikan kepada pelanggan sesuai kondisi di lapangan antara lain:
REGIONAL 3
Menghadapi Persaingan bisnis yang semakin ketat di industri pelabuhan saat ini, Regional 3 telah menetapkan beberapa program pemasaran untuk dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan capaian pendapatan. Selama tahun 2021, berbagai program pemasaran seperti pengembangan produk/ layanan bekerja sama dengan pihak pemerintah/swasta, menetapkan pricing strategy yang menarik bagi pelanggan, dan pengelolaan SDM komersial dilakukan secara terintegrasi untuk dapat mencapai target-target yang telah ditetapkan perusahaan.