TINJAUAN OPERASIONAL

Perbaikan kualitas layanan juga terus dilakukan Perseroan dengan melakukan investasi pada peralatan dan fasilitas, standarisasi pelayanan, serta digitalisasi proses. Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, selain melalui event customer gathering, Perseroan juga melakukan redesign pada pengelolaan suara pelanggan yang kini telah terintegrasi melalui sistem secara online. Hal ini tentu saja akan memudahkan pelanggan untuk menyampaikan suaranya baik berupa keluhan maupun kritik dan saran yang dapat dijadikan acuan Perseroan dalam melakukan perbaikan berkelanjutan.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Regional 3 selama tahun 2021 berfokus pada penetrasi pasar dan pengembangan produk/jasa eksisting dengan tujuan untuk memenuhi harapan dan peningkatan kepuasan pelanggan. Adapun strategi yang dilakukan terbagi menjadi beberapa aspek, antara lain:

  1. Produk/Layanan
  2. Selain melakukan investasi peralatan dan fasilitas pelabuhan untuk peningkatan kualitas produk/layanan yang diberikan kepada pelanggan, Regional 3 juga melakukan pengembangan produk/layanan seperti melakukan kerja sama dengan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), kerja sama pembangunan shorebase, kerja sama pengoperasian Pusat Logistik Berikat (PLB) dan paket layanan port to door atau door to door service;

  3. Saluran Promosi (Promotion Channel)
  4. Adapun saluran/media untuk mempromosikan produk/ jasa kepada pelanggan yang telah dilakukan, antara lain:

    1. Personal selling;
    2. Pameran;
    3. Pengiklanan;
    4. Customer gathering/sharing session;
    5. Customer visit; dan
    6. Publikasi melalui media sosial dan media cetak.
  5. Sumber Daya Manusia/SDM (People)
  6. Strategi yang digunakan adalah dengan membentuk SDM untuk mendukung aktivitas pemasaran yang melaksanakan 2 (dua) fungsi berikut, antara lain:

    1. Fungsi Sales (Penjualan)
    2. Peran ini dilakukan oleh pelaksana Marketing Sales Officer (MSO) yang ahli dalam melakukan pemasaran dan memahami proses bisnis perusahaan. Fungsi ini berfokus pada peningkatan pengusahaan dan penjualan produk/ jasa serta pangsa pasar; dan

    3. Fungsi Bina Pelanggan
    4. Peran ini dilaksanakan oleh pelaksana pelayanan pelanggan yang berfokus pada pendukung fungsi sales (penjualan) dalam rangka memastikan pelanggan mendapat pelayanan sesuai dengan prosedur yang berlaku, memastikan kepuasan pelanggan dan menangani atau menyelesaikan suara pelanggan.

  7. Harga (Price)
  8. Strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan tarif atau harga pada saat mempromosikan produk/jasa, antara lain: