TINJAUAN KEUANGAN
Sebagai bagian dari kegiatan pemasaran juga telah dilaksanakan customer visit untuk menangkap informasi peluang bisnis dan kebutuhan pasar serta meningkatkan kualitas layanan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Selama tahun 2021 telah dilaksanakan sebanyak 115 visit ke pelanggan eksisting maupun potensial di 12 cabang pelabuhan Regional 2 baik secara online maupun offline dengan capaian 160% dari yang ditargetkan.
REGIONAL 3
Regional 3 telah melaksanakan kegiatan customer visit dan customer gathering/sharing session dengan para pelanggan dalam upaya untuk meningkatkan pangsa pasar, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan. Selama tahun 2021, kegiatan customer visit telah dilaksanakan sebanyak 415 kunjungan ke pelanggan dimasing-masing sub regional baik secara offline dan online. Pelaksanaan kegiatan ini cukup terpengaruh oleh adanya pandemi COVID-19 sehingga realisasinya hanya sebesar 96% dari target yang telah ditetapkan. Selain itu, selama tahun 2021 juga diadakan kegiatan customer gathering/sharing session dengan melibatkan para prime customer di Regional 3. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) kali dengan pelaksanaan bertempat di Bali.
Selanjutnya, dalam rangka pengembangan produk/layanan, Regional 3 juga telah melakukan sinergi BUMN maupun bekerja sama dengan instansi Pemerintah dan pihak swasta, seperti:
- Regional 3 bekerja sama dengan Pertamina Group dan juga PT Wilmar Nabati Indonesia untuk melakukan perubahan moda pengangkutan Fatty Acid Methyl Esther (FAME) dari menggunakan truk tangki menjadi kapal dalam rangka efisiensi biaya dan waktu. FAME tersebut digunakan sebagai komponen campuran pada bahan bakar jenis solar (B0) untuk memproduksi biodiesel oleh Pertamina. Dalam kerja sama tersebut, Regional 3 menyediakan paket layanan terintegrasi untuk pengiriman FAME dari BUBBN Wilmar di Gresik melalui moda angkutan kapal laut, pelayanan jasa kepelabuhanan di Terminal Mirah, hingga penyaluran melalui pipa dari dermaga di Terminal Mirah sampai dengan IT (Integrated Tank) Pertamina di Tanjung Perak;
- Regional 3 dan PT Semen Indonesia (Persero) melakukan kerja sama pengelolaan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) milik PT Semen Indonesia (Persero) di Gresik dalam rangka meraih customer/market khususnya komoditi batubara karena keterbatasan fasilitas dermaga untuk sandar kapal di Gresik. Adapun manfaat atas kerja sama dimaksud bagi TUKS Semen Indonesia adalah peningkatan utilisasi penggunaan dermaga dan produktivitas bongkar/muat, serta peningkatan pendapatan bagi Regional 3 maupun PT Semen Indonesia (Persero) di Gresik; dan
- Kerja sama pelaksanaan kegiatan fumigasi dengan anggota DPD ASPPHAMMI Jawa Tengah di Tanjung Emas merupakan program pengembangan usaha guna mendukung meningkatnya geliat ekspor industri pertanian di Jawa Tengah. Kerja sama ini dilaksanakan melalui koordinasi dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang selaku regulator dan juga sebagai Unit Pelayanan Teknis Badan Karantina Pertanian di Kementerian Pertanian, dengan tugas pokok dan fungsi mencegah masuk,