TINJAUAN PEREKONOMIAN

image

ALIANSI SHIPPING LINES DAN EKSPANSI SEBAGAI OPERATOR PELABUHAN

Aliansi shipping line dimulai pada tahun 1990-an, dan anggotanya terus meningkatkan pangsa pasar kumulatif global. Pada tahun 2020 pangsa pasar kumulatif global aliansi shipping line mencapai 81%, di mana tiga aliansi terbesar adalah 2M (Maersk dan MSC), Ocean Alliance (CMA CGM, Cosco dan Evergreen), dan The Alliance (Hapag-Lloyd, Yang Ming, dan Ocean Network Express). Aliansi shipping line didorong oleh kebutuhan dalam menghadapi persaingan dengan para pemain besar, perluasan area pelayanan dan ketersediaan kapal, dan memanfaatkan economies of scale serta menurunkan biaya.

Selain aliansi, strategi lain yang dilakukan shipping lines adalah ekspansi bisnis sebagai operator pelabuhan, strategi ini didorong oleh potensi peningkatan competitive advantage yang dapat dimiliki oleh shipping lines. Ekspansi dapat dilakukan melalui kepemilikan saham atau anak perusahaan. Beberapa contoh ekspansi shipping lines sebagai operator pelabuhan adalah Cosco shipping yang berinvestasi di 30 terminal di seluruh dunia. Sementara itu, Maersk melakukan ekspansi melalui anak perusahaannya, APM Terminal, yang merupakan salah satu operator pelabuhan global terbesar.